Tuesday 21 March 2017

TIPS LIBURAN HEMAT

Sebentar lagi mau weekend, pasti kebanyakan orang senang berpergian keluar kota untuk menghilangkan sejenak rutinitas pekerjaan Anda. Jadi tidak mungkin heran kan, kalau banyak orang senang sekali menantikan moment-moment seperti ini. Tapi sebagian orang ada yang bilang liburan itu hanya sekedar menghabiskan duit saja, percuma di cari tetapi akhirnya dihabiskan. 

Eits buang jauh-jauhlah kalimat-kalimat tersebut. Kali ini saya akan memberikan saran kepada Anda supaya liburan Anda lebih menyenangkan dan juga sangat ekonomis.


1. Survei Lokasi
Tentukan dulu tempat atau destinasi yang akan Anda kunjungi. Anda cukup melakukan survei melalui Internet, agen-agen wisata atau buku-buku tentang wisata. Cari tahu tentang promosi dan paket-paket hemat wisatantaDengan demikian Anda dapat mengetahui kisaran harga yang akan Anda keluarkan.


2. Booking 
Setelah melakukan survei dan tempat yang akan dikunjungi. Saatnya memesan tempat penginapan, transportasi atau tiket wisata yg akan di kunjungi. Jika Anda melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari bisa saja Anda akan mendapatkan promo atau penawaran- penawaran menarik lainnya.


3. Jangan pergi saat musim liburan
Pada saat musim liburan tiba, kebanyakan lokasi wisata dan akomodasi lainnya akan lebih mahal dari hari biasanya. Sebaiknya pergi berlibur sebelum atau sesudah musim liburan tiba. Dengan begitu Anda lebih nyaman dan leluasa karena sepi dari pengunjung lainnya. Yang pasti Anda bisa menikmati liburan Anda dengan tenang.


4. Prioritaskan Kenyamanan dan Lupakan Kemewahan
Jangan bermimpi tentang liburan mewah jika Anda ingin berhemat. Akan ttapi karena Anda sedang berhemat lalu liburan Anda merasa tidak nyaman. Prioritaskan kenyamanan untuk Anda sendiri baik itu memilih penginapan, transportasi dan tempat yang akan Anda kunjungi. 


5. Bawa Uang Tunai
Saat liburan jangan lupa membawa uang tunai secukupnya. Terkadang saat kita mau memberi tips ataupun saat dilokasi tempat kita berwisata kita diharuskan membayar tunai. Disamping itu juga, Anda bisa melihat berapa uang yang tersisa sehingga Anda akan berpikir ulang untuk membelanjakannya lagi.


6. Catat semua pengeluaran
Penting bagi kita untuk mencatat semua belanjaan kita selama liburan sekalipun yang nominalnya kecil. Dengan begitu Anda bisa tahu berapa banyak uang yang sudah Anda keluarkan selama berlibur. Alhasil, bisa menekan kita untuk tidak boros dan berfoya-foya saat liburan.


7. Oleh-oleh
Dari seluruh rangkaian liburan Anda, hal yang paling menyenangkan dan yang paling besar pengeluarannya adalah membeli oleh-oleh. Tetapi yang perlu diingat saat berlibur adalah jangan pernah menjadikan berbelanja oleh-oleh prioritas liburan Anda, itu kalau Anda tidak ingin kehabisan uang untuk rencana liburan selanjutnya. Sebaiknya belilah oleh-oleh atau cinderamata di pusat perbelanjaan tradisional disamping bagus harga juga lebih murah.

0 comments: