Saturday 30 April 2016

PANORAMA WISATA DI PULAU DERAWAN


Berwisata ke pantai memang tidak pernah ada habisnya ya. Ternyata di Negara kita tercinta Indonesia banyak sekali  pantai-pantai nan indah. Salah satu yang memiliki pantai indah tersebut adalah Kepulauan Derawan.  Pulau ini berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Tapi sekarang sudah masuk bagian Kalimantan Utara. Ada empat pulau yang terkenal di kepulauan Derawan, antara lain Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki dan Kakaban. Pulau ini memang belum begitu terkenal seperti pulau Bali. Tetapi keindahannya memang tidak kalah seperti di pulau Bali.


Pulau Derawan kaya akan biota lautnya. Selain dapat menikmati jernihnya air laut, disana kita dapat menikmati indahnya satwa langka penyu hijau, penyu sisik, ubur-ubur, Ikan pari, lumba-lumba. Kita juga akan menjumpai penyu hjau raksasa dengan aktivitasnya, seperti berenang, bersantai bahkan ada yg bertelur. Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan disana antara lain snorkeling atau menyelam sambil melihat pemandangan bawah laut. Saat malam hari di kepulauan Derawan ini sangat mengasyikan karena kita akan disuguhkan pemadangan warna-warni yang terpancar dari kehidupan biota laut.


Selain Pulau Derawan yang menjadi aktifitas utama saat berkunjung kesana, Anda juga akan disuguhkan berbagai pulau-pulau yang ada disana. Seperti Pulau Sangkali, Kakaban, Nabucco, Maratua dan Bakungan. Pulau-pulau nan indah tersebut memberikan panorama yang menawan. Selama Anda disana, Anda bisa melakukan aktifitas berenang, diving, berjemur dan snorkeling. Anda tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan peralatan berenang, diving ataupun snorkeling. Karena selama disana, disediakan persewaan khusus peralatan untuk renang, diving dan snorkeling. Pulau Derawan tidak terlalu luas, Anda cukup berjalan kaki saja berkeliling menikmati indahnya Derawan. Jikalau untuk menyebrang ke pulau-pulau lainnya Anda bisa menyewa kapal untuk berkeliling melihat indahnya kepulauan Derawan.

Untuk  menuju ke Pulau Derawan Anda naik pesawat menuju Kota Balikpapan.  Lalu dari Balikpapan menuju Berau menggunakan pesawat perintis kecil sekitar 30 menit. Sesampainya di Berau, Anda bisa mencari taksi pribadi seperti mobil avanza menuju Tanjung Batu dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam.  Sampainya di Tanjung Batu Anda bisa menggunakan speedboat kecil dengan menempuh waktu 45 menit. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin berlibur ke Pulau Derawan.

0 comments: