Friday 8 April 2016

EKSOTISME HUTAN PINUS MANGUNAN

Liburan memang hal paling menyenangkan. Apa jadinya jikalau liburan Anda belum sepenuhnya bisa merasakan ketenangan dan kenyamanan dari hiruk pikuk bisingnya suasana kota saat liburan. Alternatifnya Anda bisa mendatangi dan bersantai di hutan pinus yang sejuk dan rindang. Untuk dapat menikmati suasana di hutan pinus Anda cukup membayar karcis parkir kendaraan. Kawasan seluas 500 hektar ini dikelola oleh Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan. Lokasinya berada di Imogiri, Bantul, Yogyakarta. 

Saat Anda berada di hutan pinus, akan terdengar dersik daun-daun yang bertiup angin sepoy-sepoy dan tajamnya aroma kayu yang keluar dari batang pinus. Tak heran banyak pengunjung yang datang kesana hanya untuk menikmati sejuknya suasana hutan pinus atau sekedar berfoto selfie bersama teman-teman Anda.

Jika Anda ingin berkunjung kesana ada baiknya datang saat pagi hari. Saat dimana Anda bisa merasakan sensasi hawa segar yang masih tertutup kabut dan sinar matahari pagi yang langsung menembus ke tanah melewati celah daun-daun yang membentang seperti atap pohon yang tumbuh alami.

Sepatutnya kita perlu menjaga, melindungi serta melestarikan hutan dari tangan oknum yang tidak bertanggung jawab. Minimal tidak membuang sampah sembarangan, membakar dan menebang hutan.  Seperti yang sudah di cantumkan pemerintah dalam Undang-undang RI no 41/1999 tentang kehutanan bahwa fungsi daripada hutan kita adalah “sebagai penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut dan memelihara kesuburan tanah”.








0 comments: