Thursday 21 April 2016

MENIKMATI KEINDAHAN SUNSET DI CANDI IJO JOGJAKARTA

Berlibur ke Jogja lagi yuk. Kali ini kami akan mengajak Anda ke kompleks candi di sebelah timur kota Jogjakarta, yaitu Candi Ijo. Dibangun pada abad ke 10 masehi pada zaman kerajaan Medang periode Mataram. Candi Ijo merupakan kompleks candi yang berlatar belakang pengaruh Hindu. Masih satu kawasan lokasi dengan Candi Ratu Boko, Candi Barong, Candi Banyubino di daerah Prambanan. Lokasi Candi ijo tepatnya berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Letak Candi  ijo paling tinggi di Yogyakarta dibandingkan candi-candi lainnya. Kurang lebih sekitar 375 mdpl. Karena berada di atas bukit yang dinamakan Gumuk ijo, makanya saat ini disebut Candi Ijo yang dahulu berada di perbukitan hijau. Struktur bangunan candi ijo berundak-undak. Bagian bawah berada di sisi barat sedangkan yang tertinggi di sisi timur.  

Candi ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena spot lokasinya yang berada di atas bukit sehingga waktu sore tiba bisa menikmati pemandangan sunset. Selain itu dari atas Candi ijo ini pengunjung akan disuguhkan panorama keindahan Kota Yogyakarta yang sangat indah. Dan juga dapat melihat pesawat terbang yang sedang landing di bandara Adi Sucipto Yogyakarta.  


Untuk dapat menuju Candi Ijo, Anda bisa mengikuti arah jalan Jogja-solo daerah pasar Prambanan yang ada disebrang kompleks Candi Prambanan. Tiba di lokasi pasar prambanan Anda menuju arah tenggara yang berjarak 7 km. Nanti Anda akan menemukan petunjuk jalan menuju Candi Ijo. Harga tiket masuknya pun terjangkau cukup membayar Rp 5,000 saja. 

0 comments: