Wednesday 6 April 2016

KULINER WAJIB DI JOGJA

1. BAKMI JAWA
Bakmi jawa di yogyakata berbeda dan memiliki khas tersendiri, selain rasanya yang gurih. Bakmi jawa biasanya di masak dengan menggunakan anglo ( tungku dari tanah liat dengan bahan arang)

Bakmi yang terkenal di Yogyakarta
- Bakmi jawa mbah mo. Letaknya sangat terpencil di dusun code namun menjadi incaran para   pejabat dn artis ketika berkunjung ke Yogyakarta.
- Bakmi jawa kadin. Bakmi jawa yang sudah terkenal sejak dahulu kala letaknya dekat dengan pakualaman persisi disamping Supermarket Superindo.
- Bakmi Jawa pak Pele, lagganan para seniman Jogja. Letaknya disebelah selatan alun-alun utara atau dekat dengan pagar keratindeg mana yang terkenal dan unik.

2. GUDEG
Anda tahu gudeg?? Banyak sekali penjual gudeg diJogja, mungkin anda bingung gudeg mana yang terkenal dan unik. Disini kami akan menampilkan keunikan gudeg di jogja.

- Gudeg Yu Djum, merupakan gudeg legendaries di jogja, berada di Daerah mbarek Jl.Kaliurang Seolakan Mataram dekat dengan UGM Yogya. Semua masyarakat di Indonesia dan Mancanegara pasti tahu Gudek Yu Djum, jadi ini harus anda kunjungi sebagai referensiwisata kuliner.
- Selain gudeg yu djum anda juga harus menikmati Gudeg Pawon. Gudeg JOgja yang memiliki sensasi dalammenikmati makana gudeg di dapur (pawon- bahasa jawa). Bukanya jam 11 malam hingga jam 2 pagi saja. Letaknya jl Jl. Janturan (Selatan pamella Swalayan Jl.Kusumanegara)
- Bosen atau sudah pernah mengunjungi kedua tempat diatas?? Kami refrensikan Gudeg Permata Jl. Sultan Agung, depan Bioskop Permata dekat Pakualaman.

3. SOTO KHAS JOGJA
Makanan soto tentunya anda sudah tahu semua. Nah,,soto yang khas dan terkenal di Yogyakarta adalah soto kadipiro, yang terletak di Jl. Wates dekat perempatan Wirobrajan. Dijalan ini anda akan menemui banyak warung soto kadipiro, namun yang asli adalah soto kadipiro yang berada diutara jalan (satu deret dengan pom bensin). Soto ayam yang tidak bersantan ini berdiri sejak tahun 1921, dibangun oleh Pak Karto Wijoyo. Selain soto yang terkenal di Yogyakarta adalah soto pak Soleh yang terletak di JL. Wirataman Tegal Rejo Yogyakarta. Tepatnya jalan masuk Museum Sasana Pangeran Diponegoro. Harganya pun sangat terjangkau yaitu Rp. 8000,- untuk 1 porsinya.

4. MANGUT LELE
Mangut LeLe mbah Marto  terletak disebuah gang kecil dan tersembunyi di dekat Institut Seni Indonesia. Butuh kesabaran ekstra untuk menemukan warung mangut lele terkenal ini. Bahkan, tersesat seperti ritual pasti yang harus dileati ketika ingin merasakan kelezatan dan kenikmatan mangut lele untuk pertama kalinya. Seporsi mangut lele lengkap dengan nasi gudegnya yang lezat yang membuat orang-orang bahkan dari mancanegara rela tersesat untuk mencoba kenikmatan mangut lele mbah marto.



0 comments: