Thursday 28 April 2016

8 TEMPAT WISATA DI KOTA CIREBON

Kota Cirebon terletak di Provinsi Jawa Barat. Letaknya di utara Pulau Jawa yang lebih dikenal dengan jalur pantura. Dahulu seorang bernama KI Gedeng Tapa membangun sebuah dukuh kecil. Lambat laut Cirebon menjadi sebuah desa dan kemudian diberi nama Caruban atau dalam bahasa Cirebon berarti bersatu padu. Dikarenakan banyak para pendatang dari berbagai latar belakang ada di Cirebon. Kemudian kata Caruban berubah menjadi carbon atau cerbon. Kota ini juga dikenal sebagai kota para sunan. Selain dikenal juga sebagai pengahasil batik, banyak sekali peninggalan bersejarah 
disini. Diantaranya :

KERATON KASEPUHAN CIREBON


Tempat yang satu ini menjadi tempat favorit yangwajib dikunjungi. Keraton ini juga keraton yang sangat megah dan paling terawat di kota ini. Di Keraton ini kita juga bisa melihat berbagai benda pusaka milik sultan terdahulu dan Kereta Singa yang setiap 1 Syawal Hijriah dimandikan. 

KERATON KANOMAN


Pusat peradaban kasultanan Cirebon berasal dari sini. Lalu terpecah menjadi Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan dan Keraton Keprabon. Salah satu saksi sejarah perkembangan islam di bumi Cirebon berasal dari Keraton ini. Pada tahun 1588 Pangeran Moh. Badridin dan Kertawijaya yang membangun Keraton Kanoman. Di sini masih disimpan Kereta Perang Paksi Naga Liman dan Kereta Jempana yang masih tersimpan dengan baik.

TAMAN ADE IRMA SURYANI


Lokasinya berada di pinggir laut utara kota Cirebon. Ada berbagai fasilitas unutk anak-anak disini, kebun binatang, wisata pantai sampai acara musik yang disuguhkan setiap hari Minggu. Jika Anda berkunjung ke Cirebon jangan lupa untuk berkunjung kesini.

TAMAN WISATA SARI GUA SUNYARAGI


Taman ini berada di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi. Didirikan pada tahun 1703 oleh Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon. Berasal dari bahasa Sansekerta, sunya berate “sepi” dan ragi berarti “raga”. Dahulu taman ini dijadikan oleh Raja serta keluarganya untuk mencari ketenangan dan bermeditasi.  Bangunan utama di taman ini yaitu pesanggrahan dan gua yang didalamnya terdapat ruangan tidur dan ruangan rias. Dari luar terlihat seperti candi dan didalamnya berbentuk gua yang terdapat lorong-lorong dan mirip labirin.

MASJID AGUNG SANG CIPTA RASA CIREBON


Tertarik unutk wisata religi, Anda harus berkunjung ke sini. Masjid ini dikenal juga dengan Masjid Agung Kasepuhan dikarenakan lokasinya dekat dengan Keraton Kasepuhan. Uniknya, pintu masjid ini dibuat lebih rendah, sehingga jika kita masuk kedalamnya harus menundukkan kepala. Hal ini menggambarkan penghormatan serta kesopanan pada saat memasuki rumah ibadah. Banyak yang mengatakan bahwa di masjid ini ada sumber mata air yang sama dengan sumur air zam-zam. Masyarakat di sini percaya jika air dari sumur ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit apabila diminum dan dipakai membasuh wajah. 

WISATA BANYU PANAS PALIMANAN CIREBON


Disini Anda bisa sepuasnya menikmati mandi dengan air panas. Air di kawasan Banyu Palimanan ini mengandung belerang. Banyak yang percaya bahwa air di tempat ini bisa menyembukan berbagai penyakit kulit. Lokasi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan ini berada di dalam kawasan pabrik semen. Tepatnya di Desa Palimanan Barat, Gempol,Cirebon. Untuk dapat kelokasi ini Anda bisa menempuh waktu sekitar 30 menit dari kota Cirebon. 

WISATA BELANJA BATIK TRUSMI


Nama Trusmi adalah nama tokoh murid dari Sunan Gunung Jati. Ia adalah Ki Gede Trusmi yang mengajarkan agama islam sekaligus membatik. Di kawasan wisata batik Trusmi ini Anda bisa berbelanja sepuasnya batik-batik khas Cirebon. Banyak wisatawan berbelanja disini karena harganya yang murah dan kualitasnya yang bagus.

SITU SEDONG CIREBON


Situ Sedong adalah waduk buatan untuk menampung air hujan dan air sungai. Waduk ini juga sebagai pengairan untuk lahan pertanian. Tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata karena pemandangan alamnya yang indah. Ada juga wahana permainan Bebek air yang bisa digunakan untuk mengelilingi Situ Sedong. Saat sore hari adalah saat yang tepat untuk menikmati kawasan Situ sedong karena cuaca tidak terlalu panas.


0 comments: